5 Fakta Menarik Banyuwangi, Traveller Harus Tahu!

fakta menarik banyuwangi

Fakta Menarik Banyuwangi- Banyuwangi yang merupakan kabupaten paling timur di Jawa timur ini tak hanya terkenal di kalangan wisatawan karena wisatanya, akan tetapi juga terkenal dengan berbagai fakta menarik Banyuwangi.

Banyak sekali hal yang menarik daari kisah mistis sampai dengan fenomena Alam yang hanya ada di Banyuwangi sehingga menarik wisatawan

Tentang Banyuwangi

Banyuwangi merupakan kota indah dengan segudang destinasi wisata yang menjadi incaran wisatawan lokal maupun luar kota dengan letak Banyuwangi yang berada di paling timur Jawa yang juga sebagai tempat untuk transit menuju ke Bali, jadi tak heran Banyuwangi juga di gemari wisatawan mancanegara.

Banyuwangi berbatasan dengan kabupaten Situbondo di bagian utara, sebelah barat berbatasan dengan Jember, sebelah timur berbatasan dengan selat Bali, sebelah selatan berbatasan dengan samudera hindia.

Banyuwangi memiliki berbagai komoditas unggulan, dari komoditas laut yang besar dan kebanyakan di kecamatan Muncar, hasil pertanian seperti kakao dari glenmore , dan kopi, serta dari komoditas pertanian Banyuwangi memiliki hasil padi yang berkualitas.

Dari komoditas pariwisata juga tak kalah banyaknya, karena banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi dari Taman nasional, Pantai yang unik, hingga yang terkenal adalah kawah ijen.

Nah ini dia fakta menarik Banyuwangi yang seru untuk dibahas .

Fakta Menarik Banyuwangi- Kabupaten Terluas Di Banyuwangi

Fakta menarik Banyuwangi yang pertama adalah merupakan kabupaten terluas yang ada di Jawa timur dengan luas wilayah adalah 5.782,50 Km2 yang terbagi menjadi duapuluh satu kecamatan dan berada di kawasan tapal kuda.

Tapal kuda sendiri merupakan sebutan dari kawasan bagian timur yang mencakup 7 kabupaten  (Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasurun, Situbondo dan  Probolinggo) salah satunya yaitu Banyuwangi.

Legenda Sri Tanjung

Kisah yang menjadi kisah yang mendasari nama dari Banyuwangi sendiri, kisahnya berawal dari Raden Sidapaksa keturuna pandawa yang mengabdi kepada  Raja Sulakrama yang berkuasa di Kerajaan Sindurejo.

Saat diutus unutk mencari obat obatan di gunung, Raden Sidapaksa bertemu dengan gadis yang mempunyai paras sangat elok bernama  Sri Tanjung, akhirnya raden Sidapaksa Jatuh hati dan menjalin cinta dengan Sri tanjung.

Raja sulakrama diam- diam juga suka dengan Sri Tanjung yang merupakan istri dari Raden Sidapaksa, lalu raja Sulakrama menyusun siasat untuk memisahkan Raden sidapaksa.

dan sampai membuat kesalah pahaman diantara Raden sidapaksa dan Sri tanjung karena melihat sri tanjung yang berpelukan denngan raja sulakrama saat di tinggal raden sidapaksa menuju ke alam dewa mengantar surat utusan raja sulakrama.

Sri tanjung yang tak bersalah membuat sumpah jika sri tanjung di bunuh dan yang keluar adalah air yang wangi maka Sri Tanjung tak bersalah.

Di bunuhlah sri tanjung oleh raden sidapaksa dan keluar air yang wangi dari sayatan yang di berikan raden sidapaksa kepada sri tanjung.

Nah hal inilah yang menyebakan Nama Banyuwangi yang berarti Banyu yaitu air dan wangi berarti harum.

Fak ta menarik Banyuwangi ini sudah menjadi ceria yang ada di Banyuwangi dari jaman dahulu

Kota Santet

Banyuwangi sering di juluki kota santen karena tragedi kelam yang ada di Banyuwangi pada tahun 90an dimana para dukun membunuh 1000 orang lebih dengan menggunakan ilmu hitam yaitu santet.

Mamiliki Pantai Dengan Ombak Terbaik di Dunia

Fakta menarik Banyuwangi keempat adalah Pantai g-land atau plengkung yang ada di Banyuwangi merupakan salah satu dari 7 pantai di dunia yang memiliki ombak terbaik dengan ketinggian omabak mencapai 6 sampai 8 meter serta interval selama 5 menit dan juga di jadikan tempat World Surf League Championship Tour (WSLCT) 2022

Rumah 4 dari 7 Jenis Penyu

Fakta menarik Banyuwangi yang terakir adalah Banyuwang merupakan rumah 4 dari 7 jenis penyu yang ada di Dunia diantaranya ada penyu tersebut yaitu penyu hijau (Chelonia mydas), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricate), dan penyu lekang (Lepidochelys olivace) yang masih terjaga sampai sekarang.

\

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *