Mancing DI Waduk Selorejo: Salah 1 Surga Pemancing Jawa Timur

Memancing Di Waduk Selorejo – Waduk selorejo ngantang merupakan waduk yang berada di kaki gunung kelud merupakan bendungan pertama yang menggunakan pembangunan teknik grouting dengan kedalaman 30 meter.waduk selorejo merupakan waduk yang di bangun untuk membendung sungai konto.

Waduk iniĀ terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dan menjadi tempat wisata juga salah satu tempat untuk memancing yang paling di gandrungi bagi pemancing jawa timur khususnya kota sekitaran Malang.

Aktifitas Memancing Waduk Selorejo

mancing di waduk selorejo

Tak diragukan lagi waduk dengan luas 650 hektar ini sekarang menjadi surganya pemancing dikarenakan tempat yang sangat asri dan ekosistem yang sangat terjaga. banyak pemancing bahkan sampai luar kota datang ke waduk selorejo atau biasa disebut waduk ngantang hanya untuk menikmati memancing.

Dengan adanya pemancing yang membludak banyak warga yang memperbaiki dan menyiapkan akses ke beberapa spot di waduk ngantang juga mendirikan tempat parkir sebagai upaya keamanan kendaraan para pemancing saat di tinggal ber jam jam.

tak hanya mendirikan tempat parkir dan memperbaiki jalan memnuju spot spot tertentu, warga juga membuka jasa untuk menyebrang ke pulau pulau yang ada di waduk ngantang dengan rata rata tarif Rp 10.000 pulang pergi.juga ada warung diatas sampan yang siap mengitari waduk untuk menjamu para pemancing yang tidak sempat ke atas untuk membeli makan dan minum.

dengan adanya perkembangan dari berbagai aspek dalam hal memancing ini sekarang lebih dari ratusan orang datang hanya untuk memancing setiap hari bahkan sekran banyak chanel chanel you tube tentang keseharian memancing di waduk selorejo atau waduk ngantang

Memancing Di Waduk Selorejo - Jenis-Jenis Ikan Yang Ada Di Waduk Selorejo

mancing di waduk selorejo

Berbagai Jenis ikan yang ada di waduk ngantang sangat banyak tapi yang paling mendominasi populasi ikan di ngantang adalah ikan nila atau mujair. walau ikan ini termasuk ikan infasif dan bukan jenis ikan lokal akan tetapi ikan ini masih digemari karena daging yang tebal dan manis. para pemancing pasti datang untuk menargetkan ikan yang satu ini sehingga populasi ikan ini biasa di kondisikan dengan perkembangan yang sangat cepat sehimgga tetap tidak mengganggu ikan lokal asli ngantang.

Selain ikan nila, ada juga ikan mas yang menjadi jacpot pemancing ngantang dikarenakakan ikan ini bisa di pancing di jam jam tertentu saja dan pasti lebih dari 1 kilo jiak bisa mendapatkan ikan mas.umpan yang di gemari ikan ini di waduk selorejo adalah pelet ikan.

selain kedua ikan di atas ada juga 2 ikan yang memilii jenis yang sama yaitu ikan lele dan ikan gabus. ikan ini menjadi predator waduk wonorejo dan cara meencari ikan ini biasanya pemancing menyiapkan tali dan kail lalu di ikat di sebua batang pohon dengan umpan cacing dan dibiarkan semalaman, teknik ini dinamakan njegok/najur oleh warga lokal.

selain ikan jenis cat fish di atas masih ada ikan predator di waduk selorejo yaitu ikan belida yang menjadi ikan endemik waduk selorejo. ikan yang gemar memakan cacing dan uddang ini dapat di pancing di jam pagi saat udara sejuk dan matahari belum terlalu muncu.

ada juga ikan pendatang baru akhir akhir ini yaitu ikan taws yang penyebarannya baru di tahun 2023 karena program pemerintah setempat yang melepas bibit ikan tawes secara rutin yang mmbuat pilihan ikan menjadi lebih beragam sehingga pemancing betah memancinf di waduk selorejo

Dengan tempat yang masih terjaga dan keberagaman ikan di waduk selorejo tak ayal waduk ini menjadi tempat faforit untuk memancing bahkan sampai pemancing luar kota datang jauh jauh hanya untuk memancing di waduk selorejo

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *